PENGUMUMAN
Nomor : /SJ.2/KOMINFO/11/2008
Departemen Komunikasi dan Informatika, untuk formasi tahun 2008 memberi kesempatan kepada warga negara Indonesia untuk mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), sebagai berikut :
1. PENDAFTARAN
a. Pendaftaran lamaran hanya dapat dilakukan melalui website Departemen Komunikasi dan Informatika www.depkominfo.go.id mulai tanggal 6 Nopember 2008 sampai dengan tanggal 12 Nopember 2008 jam 24.00 WIB.
b. Sebagai bukti pendaftaran pelamar harus mencetak bukti pendaftaran (registrasi).
c. Pelamar hanya dapat mendaftar pada 1 (satu) formasi jabatan dan di 1(satu) lokasi wilayah tes.
d. Pelamar yang sudah mendapatkan bukti pendaftaran harus menyampaikan berkas lamaran melalui PO.BOX yang sudah ditentukan untuk kepentingan seleksi administrasi mulai tanggal 6 s/d 13 Nopember 2008 (lihat point 4).
e. Informasi pendaftaran juga dapat dilihat di papan pengumuman Departemen Komunikasi dan Informatika yang ditunjuk yaitu :
- Jakarta : Departemen Komunikasi dan Informatika
Pusat Pelayanan Informasi
Gedung B Lantai Dasar
Jalan Medan Merdeka Barat No. 9 Jakarta Pusat
Kode Pos 10110
- Yogyakarta : Pendidikan dan Pelatihan MMTC Yogyakarta
Jalan Magelang KM 6 Yogyakarta
Kode Pos 55284
- Batam : Otorita Penembangan Daeah Industri Pulau Batam
Jl. Engku Tri Batam Center
- Makassar : BPPI Wilayah VII Makassar
Departemen Komunikasi dan Informatika
Jalan Racing Center II No.25
Karampuang Panakukang
Makasar kode Pos 90223
- Kupang : Balai Monitoring Kelas II Ditjen Postel
Departemen Komunikasi dan Informatika
Jalan Palapa No.17 Kupang
Kodepos 85111
- Banjaramsin : BPPI Wilayah VI Banjarmasin
Jalan Laks Yos Sudarso No.29
Banjarmasin
Kode Pos 70119
2. PERSYARATAN UMUM
a. Berusia maksimal :
➢ 32 tahun untuk S-2;
➢ 30 tahun untuk S-1, D-4;
➢ 28 tahun untuk D-3;
pada tanggal 1 Oktober 2008.
b. Berijasah S-1, S-2, D-4, dan D3 atau yang disetarakan, baik dari lulusan perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditas Nasional (BAN) dengan indek prestasi minimal 2.75;
c. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap ;
d. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS;
e. Tidak berkedudukan sebagai calon/pegawai negeri;
f. Sehat jasmani dan rohani;
g. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3. BERKAS PENDAFTARAN
Bagi pelamar yang telah melakukan pendaftaran pada website Departemen Komunikasi dan Informatika www.depkominfo.go.id dan telah mencetak bukti pendaftaran (registrasi) harus mengirimkan kelengkapan administrasi sebagai bahan seleksi administrasi/verifikasi sebagai berikut :
1. Surat lamaran.
Lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan dibubuhkan materai Rp. 6000, di tujukan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Up. Ketua Tim Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Departemen Komunikasi dan Informatika dengan mencantumkan nama jabatan yang dilamar;
2. Fotocopy dan transkip ijazah terakhir yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
3. Pas foto terbaru berwarna, ukuran 3 X 4 sebanyak 2 lembar dengan mencantumkan nama dibalik foto;
4. Tanda bukti pendaftaran / registrasi (print out).
Catatan Khusus
Dalam proses seleksi administrasi panitia akan memberlakukan sistem rangking berdasarkan nilai IPK tertinggi sesuai dengan kebutuhan jabatan yang dibutuhkan untuk menentukan jumlah peserta ujian apabila jumlah pelamar melebihi jumlah peserta ujian yang ditentukan.
4. WAKTU DAN TEMPAT PENGIRIMAN BERKAS LAMARAN
Berkas lamaran disampaikan selambat-lambatnya tanggal 13 Nopember 2008 cap pos, dimasukkan dalam map warna biru untuk S2, merah untuk S1/D4 dan warna hijau untuk D3. Di luar map tertulis nama, alamat, nomor telepon serta jabatan yang dilamar. Berkas lamaran ditujukan :
Kepada Yth :
Menteri Komunikasi dan Informatika
Up. Ketua Tim Penerimaan CPNS TA 2008
Departemen Komunikasi dan Informatika
a. PO. BOX 2900 JKP 10029, untuk wilayah test I Jakarta
b. PO. BOX .... untuk wilayah test II Yogyakarta
c. PO. BOX 151 Pulau Batam, untuk wilayah test III Batam
d. PO. BOX ..... untuk wilayah test IV Makasar
e. PO. BOX 1137 Kupang, untuk wilayah test V Kupang
f. PO. BOX 639 Banjarmasin, untuk wilayah test VI Banjarmasin
5. PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI
Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, akan diumumkan melalui website Departemen Komunikasi dan Informatika www.depkominfo.go.id pada tanggal 17 Nopember 2008.
Selanjutnya untuk dapat mengikuti tes maka pelamar harus memiliki tanda peserta tes dengan mencetak (print out) melalui website www.depkominfo.go.id yang merupakan tanda peserta tes yang sah.
6. PELAKSANAAN TES
Tes tertulis akan dilaksanakan secara serentak di 6 (enam) wilayah tes pada tanggal 22 Nopember 2008 dan pelamar yang dapat mengikuti tes tertulis adalah yang dapat menunjukkan print out tanda peserta tes yang sah.
7. MATERI TES
a. Tes tertulis berupa tes kompetensi dasar (TKD) meliputi tes pengetahuan umum (TPU), tes bakat skolastik (TBS) dan tes skala kematangan (TSK) serta tes kompetensi bidang (TKB) yaitu tes bahasa inggris;
b. Psikotes dan wawancara
8. PENGUMUMAN TES TERTULIS
Pelamar yang dinyatakan lulus tes tertulis akan diumumkan melalui website Departemen Komunikasi dan Informatika www.depkominfo.go.id pada tanggal 2 Desember 2008;
9. PSIKOTES DAN WAWANCARA
Pelamar yang telah dinyatakan lulus tes tertulis harus mengikuti psikotes pada tanggal 4 Desember 2008 dan wawancara pada tanggal 5 Desember 2008 di 6 (enam) wilayah tes;
10. PENGUMUMAN KELULUSAN
a. Hasil akhir penerimaan CPNS Departemen Komunikasi dan Informatika akan diumumkan pada tanggal 11 Desember 2008 melalui website Departemen Komunikasi dan Informatika www.depkominfo.go.id.
b. Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.
11. ALOKASI FORMASI PER WILAYAH TES
Jumlah formasi pegawai baru pelamar umum sebanyak 153 orang, adapun alokasi formasi per wilayah tes sebagai berikut :
a. Wilayah Test I di Jakarta (meliputi : DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Lampung) jumlah formasi 108 orang dengan jabatan dan kualifikasi pendidikan sebagai berikut :
NO | JABATAN | PENDIDIKAN | JUMLAH |
1 | Perencana | S.2 Komunikasi S.1 Sastra Inggris S.1 Administrasi Negara S.1 Ekonomi Manajemen S.1 Hukum | 1 1 2 1 2 |
2 | Analis Anggaran | S.2 Ekonomi S.1 Ekonomi Akuntansi | 2 2 |
3 | Pranata Komputer | S.1/D.4 Komputer/Informatika S.1/D4 Telekomunikasi D.3 Komputer/Informatika | 12 2 3 |
4 | Analis Kepegawaian | S1. Hukum | 2 |
5 | Analis Org.dan Tatalaksana | S1. Psikologi | 2 |
6 | Pengumpul dan pengelola data | S.2 Teknologi Informasi S.1 Ekonomi S.1/D.4 Komputer/Informatika S.1 Hukum D.3 Dokumentasi D.3 Akuntansi | 1 2 2 1 1 1 |
7 | Verifikator Keuangan | S.1 Ekonomi Akuntansi S.1 Ekonomi Manajemen S.1 Hukum D.3 Akuntansi | 2 2 1 1 |
8 | Penata Lapora Keuangan | S.1 Ekonomi S.1 Ekonomi Manajemen S.1 Akuntansi D.3 Akuntansi | 1 2 1 2 |
9 | Sekretaris | S.1 Sastra Inggris S.1 Hukum S.1 Ekonomi Akuntansi D.3 Sekretaris | 2 1 1 2 |
10 | Arsiparis | S.1 Kearsipan | 1 |
11 | Analis Pengembangan Profesi SDM | S.1 Psikologi S.1 Komunikasi | 1 1 |
12 | Perancang Peraturan perundang-undangan | S.2 Hukum S.1 Hukum Perdata S.1 Hukum Pidana S.1 Hukum Hub.Internasional | 1 3 3 1 |
13 | Penyusun naskah | S.1 Komunikasi | 1 |
14 | Pranata Humas | S.1 Komunikasi | 9 |
15 | Auditor | S.1 Hukum S.1 Ekonomi Akuntansi S1./D4 Teknik Elektro | 1 2 1 |
16 | Analis Kebutuhan Diklat | S.1 Pendidikan | 2 |
17 | Penterjemah Bahasa Asing | S.1 Sastra Inggris D.3 Sastra Inggris | 2 1 |
18 | Pengelola Anggaran | S.1 Akuntansi D.3 Akuntansi | 2 1 |
19 | Penganalisa Kerjasama Luar Negeri | S.1 Komunikasi S.1 Hukum | 1 2 |
20 | Design Grafis | S.1/D4 Design Grafis D.3 Design Grafis | 1 1 |
21 | Editor Audio Visual | S.1/D4 Manajemen Teknik Studio Produksi | 2 |
22 | Andalan Siaran | D.4 Broadcast/Penyiaran | 2 |
23 | Teknisi Siaran | S.1/D4 Teknik Elektro | 2 |
24 | Adikara Siaran | S.1 Hukum | 2 |
25 | Peneliti | S.1 Ekonomi Akuntansi S.1/D4. Teknik Elektro S.1 /D4. Informatika/ Komputer | 1 1 1 |
26 | Pengendali frekuensi | S.1/D4. Teknik Elektro | 1 |
| J U M L A H | | 108 |
b. Wilayah Test II di Yogyakarta (meliputi : Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur) jumlah formasi 6 orang dengan jabatan dan kualifikasi pendidikan sebagai berikut :
NO | JABATAN | PENDIDIKAN | JUMLAH |
1 | Perencana | S.1/D4. Komputer/Informatika | 2 |
2 | Analis Anggaran | S.1 Ekonomi | 1 |
3 | Pranata Humas | S.1 Komunikasi | 1 |
4 | Analis Kebutuhan Diklat | S.1 Pendidikan | 1 |
5 | Pranata Komputer | D.3 Komputer | 1 |
| JUMLAH | | 6 |
c. Wilayah Test III Batam (meliputi : NAD, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepri, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan) jumlah formasi 17 orang dengan jabatan dan kualifikasi pendidikan sebagai berikut :
NO | JABATAN | PENDIDIKAN | JUMLAH |
1 | Pranata Komputer | S.1/D4 Kompuer/Informatika | 3 |
2 | Pengumpul dan pengelola data | S.1 Hukum | 1 |
3 | Penata Laporan Keuangan | S.1 Ekonomi | 1 |
4 | Pengendali Frekuensi | S.1/D4 Teknik Elektro D.3 Elektro | 3 7 |
5 | Peneliti | S.1/D4 Telekomunikasi S.1/D4 Komputer/ Informatika | 1 1 |
| J U M L A H | | 17 |
d. Wilayah Test IV Makassar (meliputi : Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Jayapura) jumlah formasi 16 orang dengan jabatan dan kualifikasi pendidikan sebagai berikut:
NO | JABATAN | PENDIDIKAN | JUMLAH |
1 | Penata laporan keuanga | S.1 Ekonomi | 1 |
2 | Pengendali frekuensi | S.1/D4 Tek. Elektro D.3 Tek. Elektro | 7 5 |
3 | Peneliti | S.1/D4 Teknik Elektro S.1 /D4 Telekomunikasi S.1 Ekonomi | 1 1 1 |
| J U M L A H | | 16 |
e. Wilayah Test V Kupang (meliputi : Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur) jumlah formasi 3 orang dengan jabatan dan kualifikasi pendidikan sebagai berikut:
NO | JABATAN | PENDIDIKAN | JUMLAH |
1 | Perancang peraturan perundang-undangan | S.1 Hukum | 2 |
2 | Pengendali Frekuensi | S.1/D4 Teknik Elektro | 1 |
| J U M L A H | | 3 |
f. Wilayah Test VI Banjarmasin (meliputi : Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah) jumlah formasi yang dibutuhkan sebanyak 3 orang dengan jabatan dan kualifikasi pendidikan sebagai berikut:
NO | JABATAN | PENDIDIKAN | JUMLAH |
1 | Pengendali Frekuensi | S.1/D4 Teknik Elektro D.3 Elektro | 2 1 |
| J U M L A H | | 3 |
Jakarta, 6 Nopember 2008 DEPARTEMEN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KEPALA BIRO KEPEGAWAIAN DAN ORGANISASI selaku KETUA TIM PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL TAHUN 2008 Dra. SRI WURYATMI, MM NIP. 050012431 |
No comments:
Post a Comment